7 Proses Pengecatan Epoxy Lantai

Panduannya di bawah ini meruapakan ringkasan dari langkah-langkah yang diperlukan tentang bagaimana menerapkan cat epoxy lantai yang benar. Yuk simak penjelasan lengkapnya darin kontraktor epoxy dibawah ini:

1. Siapkan Permukaan Lantai

Persiapan substrat diperlukan untuk memastikan adhesi antara produk epoxy dan substrat. Metode yang sesuai merupakan pengamplasan atau diamond-grinding. Setiap permukaan yang telah terkontaminasi dengan cat minyak mungkin juga memerlukan pembersihan kimia.

2. Persiapkan Permukaan dengan Grinding Lantai Permukaan yang Sesuai

Menyapu dan membersihkan permukaan lantai beton. Gunakan alat vakum industri yang mengambil & menyedot partikel debu kecil sekalipun. Lantai harus dibersihkan dari semua debu dan lain nya sebelum mulai  suatu proses pengecatan. Jika tidak, Anda akan memiliki berbagai partikel yang terjebak dalam mantel dan adhesi akan secara signifikan melemah sehingga hasil nya tidak aka mulus.

3. Priming and Filling

Lakukan primer epoxy lantai yang sesuai. Selalu jaga Prima di lantai jangan percaya bahwa primming itu tidak diperlukan. Primming akan memberikan suatu lantai lebih lama dan juga adhesi lebih baik ke substrat. Selanjutnya akan menutupi suatu substrat sehingga menghilangkan gelembung dan juga gas yang dari beton.

Primming juga akan membantu mengurangi jumlah produk yang akan dibutuhkan pada suatu tahap selanjutnya. Pastikan suatu area tersebut berventilasi dengan baik. Untuk melapisi dua lapisan primer agar bisa mengikuti suatu lantai dengan benar. Gunakan mixer listrik yang tepat untuk mencampur komponen A dan 2 komponen B primer sehingga terhadap dan juga senyawa.

4. Priming permukaan dengan epoxy primer

Isi semua celah-celah retak dan lain-lainnya dengan epoxy grouting (Langkah ini juga bisa terjadi sebelum primer ) untuk suatu retakan yang tipis mungkin perlu mengirisnya dengan memotong suatu lantai sebelum mengisi untuk memperbaiki lantai yang retak.

5. Menerapkan Lapisan Epoxy Floor

Mengaplikasikan lapisan yang pertama cat epoxy. Mengosongkan semua isi pengeras pada komponen A. Gunakan mesin listrik dan juga mix minimal selama 2 menit untuk pencampuran pengadukan. Jangan menghemat pada campuran! Langkah ini sangatlah penting. Pencampuran yang tepat dari kedua komponen cat epoxy sangat lah penting.

6. Terapkan Produk dengan Alat Roller

Terapkan produk dengan alat roller. Gunakan rol yang berkualitas baik, karena roll yang berkualitas buruk mungkin kurang baik hasilnya. Anda harus melihat kekeringan yang melapisi lantai setelah 24 jam. Besok harinya anda mungkin akan ada kendala masalah yang muncul seperti retak, lubang, dan lain-lain. Semua ini sudah Anda pikirkan sebelum memulai suatu pekerjaan berikutnya. Mungkin anda perlu menyiram permukaan yang tidak rata dan juga muncul setelah lapisan pertama. Jika perlu Anda harus tahu kekeringan nya agar tidak mengering sebelum roll ulang.

7. Terapkan Lapisan Terakhir (TOP COAT)

Sebelum menempatkan pekerjaan jasa epoxy lantai akhir Pastikan semua lubang dan juga akan telah terisi, dan semua debu telah terkumpul atau telah dibuang. Jika tidak akan mendapatkan suatu tekstur yang sangat kurang baik dikarenakan permukaan yang masih banyak debunya. Niat sebagian besar produksi epoxy memiliki umur sekitar 40 menit atau kurang sehingga hanya mencampur Satu ember sekaligus dan 9 langsung dikerjakan kalau tidak dikerjakan maka akan mengering di dalam embernya.

Sumber : Kompasiana.com