Tahap Pengecatan Epoxy Lantai Sesuai SOP

Jika sebelumnya Anda telah mengenal cat epoxy lantai dan juga jenisnya. Pada kesempatan kali ini, anda akan mengetahui dan juga mengenal proses pengerjaan pengecatan epoxy lantai dengan hasil yang rapi, bersih dan juga indah di pandang. Dalam proses pengerjaan pengecatan, terdapat beberapa tahapan, yaitu.

1. Proses Grinding

Tahapan yang pertama merupakan tahap grinding. Tahap grinding ini merupakan suatu tahap pembukaan pori-pori pengelupasan cat epoxy lantai yang lama (kalau sudah pernah dicat epoxy). Hal ini dilakukan supaya lapisan cat lebih mudah terserap oleh cat baru.

Tak hanya itu, dengan membuka pori-pori, maka akan membuat noda bekas minyak ataupun debu yang sudah lama tertumpuk dan mengeras serta bisa terbuang juga. Dalam tahap ini, diperlukan dan juga saran untuk melakukan grinding dengan HCL Karena akan menyebabkan lantai beton menjadi rapuh dan juga korosi yang ditimbulkan oleh zat asam dalam kandungan.

2. Proses Premier

Setelah tahap pertama grinding dengan pengelupasan yang lama, maka selanjutnya dapat dilakukan yaitu tahap primer. Tahap primer ini juga sering disebut dengan undercoat proses atau bisa disebut juga sebagai tahap lapisan pondasi awal, yang merupakan suatu lapisan cat pertama yang digunakan pada lantai beton tersebut.

Perekat antara epoxy dan floor hardener ataupun lantai beton yang difungsikan untuk memperkuat permukaan lantai beton terhadap suatu gesekan. Selain itu, dalam suatu proses primer dan juga terkadang terjadi pemberian warna agar terlihat bagus dan juga menarik dengan pemasangan epoxy mortar sebagai anti bocor atau biar tidak lembab.

3. Proses Body Coat 

Body coat merupakan merupakan cara pendempulan dengan proses pekerjaan epoxy yang terdiri dari 2 komponen, seperti epoxy dan polyamed, ditambah dengan talak atau disebut silica yang berfungsi untuk menutupi lubang-lubang kecil agar leveling dan juga menutupi keretakan pada lantai beton ataupun dinding. Proses pendempulan diaplikasikan dengan scrap atau raskam.

4. Proses Top Coat 

Setelah proses body coat di aplikasikan pada lantai menggunakan Raskam, kemudian akan diratakan dengan roll sisir yang bergigi, maka selanjutnya dapat dilakukan dengan proses finishing.

Tahap finishing ini atau disebut tahap akhir ini dilakukan dengan melapisi lantai menggunakan top coat, yang berguna untuk mendapatkan ketebalan suatu epoxy yang sesuai dengan keinginan anda. Top coat ini diaplikasikan dengan alat seluler, semprot atau juga bisa. Pekerja jasa epoxy lantai yang anda butuhkan waktu pengeringan hingga sampai dengan kering sempurna Yaitu selama 8 jam sampai dengan 16 jam.

Itulah tahap-tahapan pekerjaan pengecatan epoxy lantai agar menghasilkan karya yang bagus dan juga kebersihannya terjaga rapi. Namun, perlu diingat, melakukan proses pengecatan epoxy lantai ini dibutuhkan orang-orang di bidangnya. Kontraktor epoxy lantai mampu menyediakan orang-orang yang ahli di bidangnya dalam mewujudkan permukaan lantai yang bersih, tapi dan juga indah dalam waktu yang singkat untuk anda. 

Sumber : kompasiana.com